About Us

Tentang kami, perjalanan dalam pendirian Menara Syariah ...

7 Desember 2019

Groundbreaking

Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia. Melihat fakta itu, tak heran bila simbol-simbol peradaban islam modern banyak berkembang di Indonesia. Adalah Menara Syariah, yang pemancangan perdananya dilaksanakan pada Minggu, 7 Desember 2019.

Menara Syariah merupakan menara kembar yang terdiri dari 2 tower yang dirancang dengan fasilitas ritel di tengahnya. Pembangunan Menara Syariah yang akan menjadi ikon dan landmark dari kawasan PIK 2 itu didesain secara khusus, unik, dan modern dengan ruang kerja kondusif yang mengacu pada gaya perkantoran Syariah.

Dengan dukungan semua stakeholder seperti: KNKS (Komite Nasional Keungan Syariah), MES (Masyarakat Ekonomi Syariah), IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia), dan lain-lain, maka impian menjadi pemain dunia dalam keuangan Syariah Internasional dapat menjadi keyataan dalam waktu dekat. Jakarta (Indonesia) akan masuk dalam peta Keuangan Syariah dunia selain Riyadh, Dubai, Bahrain, Doha, Teheran, Istanbul dan Kuala Lumpur.

Dua gedung kembar ini dirancang oleh DP Architects Ltd yang merupakan perusahaan arsitektur multinasional yang bermarkas di Singapura. Keberadaan menara syariah di PIK 2 ini sendiri dipandang sebagai salah satu simbol peran Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global.

23 Agustus 2022

Topping Off

Wakil Presiden Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin meresmikan topping off Menara Syariah, Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini berharap Menara Syariah ini akan menjadi pusat keuangan syariah terbesar di Kawasan Asia Tenggara. "Bahkan menjadi Islamic Finance Hub yang memainkan peran vital dalam industri keuangan syariah dunia," kata Beliau.

Oleh karena itu, Kyai Ma’ruf Amin berharap pembangunan Menara Syariah ini dapat diselesaikan tepat waktu dan segera difungsikan dengan baik. Sehingga menjadi sentra aktivitas para pelaku industri Keuangan syariah maupun pelaku bisnis syariah lainnya.

Selain itu, Wakil Presiden Indonesia ini menyebut seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah juga diharap dapat memanfaatkan keberadaan Menara Syariah secara optimal. Seperti Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNKES), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), hingga Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

27 Oktober 2023

Peresmian Masjid Al Khairiyah, Menara Syariah

Usai menyampaikan pidato kunci pada Seminar Nasional Ekonomi Syariah di Gedung Menara Syariah, Kompleks Islamic Business and Financial Center (IBFC) Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten, di lokasi yang sama, Wakil Presiden Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin juga meresmikan Masjid Al-Khairiyah pada Jumat (27/10/2023).

Komisaris Utama Menara Syariah Harianto Solichin menyampaikan bahwa Masjid Al-Khairiyah yang terletak di lantai 5 Gedung Menara Syariah dapat menampung 1.200 jemaah.

“Masjid ini cukup untuk mereka yang bekerja di menara syariah ini yang terdiri dari dua menara (twin tower), dimana tingginya 32 lantai masing-masing,” terangnya.

Pendirian Menara Syariah termasuk Masjid Al-Khairiyah di dalamnya ini, menurut Harianto, merupakan hasil kerja sama dari banyak pihak, sehingga ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi.

Focus Group Discussion

Ruang forum diskusi yang diselenggarakan dalam menentukan arah konsep Menara Syariah ...

18 & 19 Maret 2023
Focus Group Discussion I

FGD Pertama dilakukan untuk berdiskusi dan menerima masukkan dari wakil masyarakat ekonomi dan keuangan syariah.

6 & 7 Mei 2023
Focus Group Discussion II

FGD Kedua dilakukan untuk berdiskusi dan menerima masukkan dari industri ekonomi dan keuangan syariah.

3 & 4 Juni 2023
Focus Group Discussion III

FGD Ketiga dilakukan untuk berdiskusi dan menerima masukkan dari regulator ekonomi dan keuangan syariah.